Mengapa Prancis layak berprestasi di Euro 2012 ?

Jika ditanya negara mana yang akan menjuarai Euro 2012, maka mayoritas akan menjawab Jerman dan Spanyol. Permainan memukau dan konsisten kedua negara tersebut selama beberapa tahun terakhir menjadi modal kuat menjuarai Euro kali ini. Ditambah membanjirnya talenta sepkabola terbaik Eropa yang dimiliki keduanya. Sesekali Belanda juga disebut-sebut bakal menjuarai Euro 2012.
Prancis sebagai salah satu negara pengekspor pemain top Eropa kurang dianggap sebagai favorit untuk Euro tahun ini. Prestasi yang jeblok di Piala Dunia 2010 serta Euro 2008 menjadi alasan kuat. Di dua turnamen tersebut Prancis harus tersingkir di babak penyisihan grup. Di Piala Dunia 2010 pelatih Raymond Domenech malah diboikot para pemain.


Namun dalam dua tahun terakhir Prancis telah berbenah. Laurent Blanc yang ditunjuk menggantikan Raymond Domenech sukses membawa perbaikan di timnas Prancis. Laurent Blanc mengawali kiprahnya sebagai pelatih Prancis dengan kurang memuaskan. Kalah 2-1 dari Norwegia di partai ujicoba dan 0-1 dari Belarusia di kualifikasi Euro 2012. Untungnya kekalahan di dua pertandingan awal tersebut tidak berlanjut ke pertandingan berikutnya. Dalam tiga belas pertandingan selanjutnya Prancis tidak pernah kalah. Dua kemenangan diantaranya melawan tim kuat Brazil dan Jerman di pertandingan persahabatan.
Saya pada awalnya cukup penasaran, bagaimana wujud tim yang berhasil mengalahkan Brazil dan Jerman ini. Rasa penasaran saya terjawab ketika saya menemukan beberapa pertandingan Prancis diunggah di youtube. Saya terkesan dengan cara mereka bermain. Kerjasama tim cukup bagus. Sentuhan satu dua dan pergerakan tanpa bola pemain bagus. Striker Karim Benzema sebagai ujung tombak tim tidak bermain statis, namun bergerak dinamis memberi kesempatan pemain tengah untuk melakukan overlap ke kotak penalti lawan. Materi pemain tengah yang mumpuni juga memungkinkan tim ini bermain fluid dan interchangeable di daerah pertahanan lawan. Meskipun belum mencapai level permainan seperti Barcelona, tim ini sudah menunjukkan perkembangan positif dibanding era sebelumnya.
Catatan kurang baik yang masih ada di tim ini adalah soal produktifitas gol. Melawan tim lemah seperti Luxemburg mereka hanya mampu mencetak dua gol di tiap pertandingan. Apalagi tim ini memiliki gelandang serang dan striker papan atas Eropa seperti Karim Benzema, Franck Ribery maupun Samir Nasri. Namun catatan ini tertutup oleh kemenangan mereka atas Jerman dan Brazil.
Bukan merupakan hal mudah untuk lolos dari grup yang berisi tuan rumah Ukraina, Inggris serta Swedia. Namun saya yakin tim ini punya potensi besar untuk melaju hingga babak selanjutnya. Dengan permainan yang membaik serta materi pemain papan atas Eropa tim ini memang layak berbicara di Euro 2012. Tidak diunggulkannya tim ini untuk menjuarai Euro 2012 menjadi nilai positif. Para pemain bisa tampil lepas dan tanpa beban. Permainan kolektif, materi pemain top ditambah minimnya beban mental bisa menjadi kunci keberhasilan Prancis di Euro 2012.
Kita lihat bulan Juni nanti, apakah tim ini bisa mengambil keuntungan sebagai non unggulan untuk berbicara banyak di Euro 2012.

*gambar dicomot dari: telegraph.co.uk

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: